Tim Sepak Takraw Putri Siap Tempur

Tim nasional sepak takraw Indonesia putri memastikan siap bertanding untuk menaklukkan lawannya di perhelatan Asian Games 2018 JakartaPalembang. Mereka menargetkan raihan minimal satu medali emas. “Rekan-rekan sudah siap tempur untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa ini,” kata kapten tim putri sepak takraw Dini Mitasari di Sukabumi, kemarin. “Persiapan kami sudah hampir 100 persen. Sekarang kami tengah fokus mengasah teknik dan mental.”

Menurut Dini, semua persiapan dari awal pelatnas, uji coba, dan pemusatan latihan di Thailand hingga pemantapan tidak ada kendala. Adapun sarana dan prasarana serta asupan kebutuhan gizi yang diberikan dari Pengurus Besar Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) mencukupi. “Jadi, kami optimistis bisa memberikan yang terbaik. Apalagi sekarang sebagai tuan rumah tentunya akan semakin memotivasi kami.”

Pelatih kepala timnas sepak takraw Arsy Syam mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi, semua atlet menunjukkan peningkatan, baik dari segi mental maupun skill. Pada Asian Games ini, pihaknya memboyong 12 atlet untuk tim putri. “Semuanya sudah on fire dan tinggal sedikit lagi teknik yang perlu diasah, tapi secara keseluruhan sudah siap segala-galanya,” kata dia.

baca juga : http://shalomcincy.org/genset-termurah-dengan-kualitas-terbaik/

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Sepak Takraw Indonesia, Sofyan Hanif, mengatakan Indonesia mempunyai peluang raihan medali emas pada nomor kuadran putri. Meskipun demikian, kekuatan tim Indonesia masih berada di bawah Thailand. “Tapi tim kami masih menjanjikan jika menghadapi Malaysia,” kata dia. Tim sepak takraw Thailand memang selalu menjadi favorit di cabang ini.

Mereka menetapkan target yang tak tanggung-tanggung, yaitu meraih empat medali emas di cabang utama yang menjadi lumbung emas Thailand ini. Selain sepak takraw, tim dari Negeri Gajah Putih juga percaya diri untuk meraih dua medali emas di cabang berlayar dan mendayung.

Adapun target satu medali emas adalah untuk cabang sepeda, boling, pencak silat, jujitsu, angkat besi, dan taekwondo. “Kami harap dapat meraih medali emas yang lebih banyak dibanding kala kami berlaga di Korea Selatan kemarin,” kata Direktur Ilmu Olahraga dari Kementerian Olahraga Thailand, Somphorn Wannasriri.

Thailand secara total menargetkan memboyong 17 medali emas di Asian Games 2018. Untuk dapat meraih prestasi tersebut, pemerintah Thailand telah mengguyurkan dana sekitar Rp 52 miliar. Wannasriri mengatakan dana tersebut digunakan untuk mengirim 830 atlet yang bakal memperebutkan medali emas di 426 nomor olahraga yang akan dipertandingkan di Jakarta dan Palembang. “Setelah mengadakan rapat dengan berbagai asosiasi olahraga, kami harap bisa meraih 17 medali emas, 15 perak, dan 28 perunggu dari 46 cabang olahraga,” kata Somphon di Bangkok, Thailand, pekan lalu.

Pada Asian Games yang digelar di Incheon, Korea Selatan, empat tahun lalu, Thailand meraih 12 medali emas, 7 perak, dan 28 perunggu. Atas raihan tersebut, mereka pun berhak meraih posisi keenam dan menjadi negara dengan raihan prestasi terbaik dibanding negara dari Asia Tenggara lainnya. Sementara itu, dalam perhelatan yang sama, Indonesia hanya mampu meraih posisi ke-17 dengan raihan empat emas, lima perak, dan 11 perunggu. Untuk Asian Games kali ini, sebagai tuan rumah, Indonesia telah menargetkan menembus peringkat 10 besar.