Tips Merawat Mesin Genset di Jakarta dan Bali

Tips Merawat Mesin Genset – Genset merupakan salah satu alat yang dapat digunakan sebagai alternatif sumber listrik saat listrik padam. Kehadirannya  sangat bermanfaat terutama untuk tempat – tempat umum seperti rumah sakit, hotel, kantor, gedung sekolah dan lain – lain.  Adanya mesin genset membuat anda nyaman dalam bekerja dan tidak khawatir akan sumber tenaga listrik saat ada pemadaman listrik.

Tips Merawat Mesin Genset

Oleh karena itu, agar mesin genset anda awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang maka kini hadir jual genset jakarta dan mesin genset di Bali yang dapat menawarkan berbagai macam tipe genset dengan kapasitas tertentu. Anda juga harus mengetahui cara perawatannya agar kinerjanya optimal.

Cara Merawat Mesin Genset

Berikut ini adalah  beberapa  cara merawat merawat mesin genset:

Genset diletakkan pada tempat kering

Genset harus diletakkan di tempat kering karena untuk menjaga agar genset tidak mudah rusak. Sangat tidak baik jika genset sering terkena air dan sinar matahari.

Menjaga kebersihan dari genset

Anda harus menjaga kebersihan genset anda dari debu, kotoran, air dan lain – lain. Tujuannya adalah agar genset anda tidak mudah rusak dan tahan lama.

Mengganti spare part genset yang aus

Saat ada komponen genset yang rusak maka bersegeralah diganti agar kerusakan itu tidak menyebar ke bagian komponen yang lain.  Jika dibiarkan mesin akan rusak. Oleh karena itu anda harus rutin mengecek komponen pada genset anda.

Diusahakan sirkulasi udara baik dan lancar

Ruangan dengan sirkulasi yang baik dapat membantu mesin genset agar tidak mudah panas. Selain itu, dengan sirkulasi udara yang baik akan mempermudah gas buang dari pembakaran genset geset.

Anda harus memastikan bahwa cara menggunakan genset anda telah benar dan tepat agar tidak terjadi kesalahan.

Anda dianjurkan untuk mematikan genset saat ada hal yang tidak beres

Jika ada tanda – tanda kerusakan pada genset segera matikan genset tersebut dan genset dicek pada kondisi mati.

Anda disarankan untuk memperhatikan kabel instrumen pada genset

Kabel – kabel perlu dirawat karena merupakan komponen terpenting dalam genset. Apabila dibiarkan maka jika ada salah satu kabel yang rusak, genset tidak akan mati dan tidak dapat digunakan.

Memeriksa bahan bakar jangan sampai kehabisan. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan pada genset anda.

Memeriksa distilled water pada battery

Pemeriksaan ini dilakukan 2 atau 3 tahun sekali.  Hal ini bertujuan untuk merawat genset agar tidak mudah rusak.

Mengecek oli pada mesin genset secara rutin

Anda disarankan untuk mengganti oli pada mesin anda saat oli mulai hitam, volumenya berkurang. Proses penggantian ini dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Genset dinyalakan secara berkala meski tidak digunakan

Salah satu cara untuk merawat genset adalah dengan menghidupkan genset meski tidak digunakan sehingga komponen pada genset anda tidak mudah rusak. Selain itu, pemanasan juga penting untuk melumaskan komponen motor genset.